Wednesday 30 July 2014

Cara Terhindar dari Batu Ginjal

http://ift.tt/eA8V8J

Batu ginjal adalah penyakit yang menyeramkan. Rasa sakitnya amat luar biasa.


Untuk diketahui, batu ginjal terbentuk dari konsentrat suatu zat yang menjadi kristal. Ketika zat tersebut tidak keluar dan menyebabkan hambatan pada air seni, maka dapat menimbulkan rasa sakit, hingga kadang berdarah.


Zat pembentuk batu ginjal adalah kalsium, yang tercampur dengan oxalate atau phosphorus. Batu ginjal juga bisa terbentuk karena kelebihan asam urat saat tubuh mencerna protein.


Batu ginjal, sebenarnya, tidak akan menjadi masalah, sampai batu tersebut tidak keluar dari ginjal. Masalah akan muncul saat batu ginjal berpindah ke kandung kemih.


Nah, jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini, Anda patut memperhatikan pola asupan makanan dan minuman. Sebab, Kurang atau berlebihnya cairan dan makanan tertentu bisa menjadi faktor utama penyebab batu ginjal.


Berikut tips agar terhindar dari batu ginjal seperti dilansir laman Bold Sky;


1. Minum air

Minum air dalam jumlah yang banyak bisa menghindarkan diri dari batu ginjal. Jumlah minimun yang harus dikonsumsi adalah 8 gelas per hari. Selain air mineral, jus jeruk juga bisa jadi penangkal. Minuman tersebut bisa membantu untuk menghindarkan diri dari batu ginjal.


2.Kalsium

Rendah kalsium bisa meningkatkan kadar oxalate yang menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal. Kalsium harus dikonsumsi sesuai dengan dosisi yang dibutuhkan tubuh berdasarkan usia. Suplemen kalsium bisa dijadikan alternatif, hanya saja makanan tinggi kalsium akan jauh lebih sehat untuk menghindari batu ginjal secara natural.


3. Mengurangi asupan sodium

Peningkatan kadar sodium bisa meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh juga. Diet rendah sodium bisa sangat direkomendasikan, tidak hanya untuk mencegah batu ginjal tapi juga untuk menjaga tekanan darah.


4. Protein Hewani

Untuk menghindari batu ginjal, kurangi asupan daging merah, unggas serta telur. Ketiga bahan makanan tersebut merupakan sumber protein hewani yang bisa meningkatkan kadar asam urat tubuh, dan menyebabkan turunnya kadar citrate yang bisa menjadi faktor terbentuknya batu ginjal. Cara yang paling mudah adalah, membatasi asupan daging setiap harinya.


5. Pasangan kalsium dan oxalate

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan oxalate secara bersamaan bisa menghindarikan diri dari pembentukan batu ginjal. Oxalate dan kalsium akan mengikat satu sama lain.


6. Kenali makanan penyebab batu ginjal

Mengenali makanan penyebab batu ginjal bisa sangat bermanfaat. Beberapa makanan yang memicu batu ginjal seperti bit, bayam dan cokelat. Sebagian besar kacang-kacangan mengandung oxalate dan kolagen yang tinggi fosfor.


7. Lebih baik mencegah daripada mengobati

Mengetahui bagaimana mencegah batu ginjal akan membantu untuk menghindarkan diri dari komplikasi yang bisa disebabkan oleh penyakit ini. Batu ginjal biasanya terjadi kembali terhadap orang yang pernah mengalaminya. Mantan pasien batu ginjal tersebut harus lebih berhati-hati dan menjaga pola makan agar tidak kembali terjangkit batu ginjal.






Sumber http://ift.tt/1k6Lbc4

via suara.com

No comments:

Post a Comment