Saturday 18 October 2014

MRJ, Pesawat Buatan Jepang Pertama dalam Empat Dekade

http://ifttt.com/images/no_image_card.png

Untuk kali pertama dalam empat dekade terakhir, Jepang membuat pesawat jet dengan penumpang. Mitsubishi Heavy Industries adalah perusahaan yang membuat pesawat jet tersebut dan merupakan kontraktor militer dengan produk pesawat Zero pada Perang Dunia II.


Pesawat jet berpenumpang itu diperkenalkan kepada publik, Sabtu (18/10/2014) dan diberi nama Mitsubishi Regional Jet (MRJ). Pesawat itu irit bahan bakar dan merupakan generasi terbaru dari pesawat yang bisa memberikan kenyamanan dan harga yang murah.


Pesawat itu akan rampung dibuat pada 2017 dan proses pembuatannya dibantu oleh perusahaan pembuat pesawat terbesar di dunia Boeing. Perkenalan pesawat jet buatan Mitsubishi itu dilakukan di kota Nagoya, Jepang.


“Program MRJ telah mengalami kemajuan terutama rancangan aerodinamisnya serta mesin yang akan memotong konsumsi bahan bakar secara signifikan, suara dan juga emisi. Pesawat ini bisa membantu maskapai untuk lebih kompetitif dan menguntungkan di masa depan,” kata Teruaki Kawai, Presiden Mitsubishi Aircraft.


Pembuatan pesawat jet berpenumpang ini merupakan episode terbaru dari industri penerbangan di negara itu. Jepang terakhir kali membuat pesawat pada 1962 yaitu YS-11 Turboproop. Satu dekae berikutnya, industri pembuatan pesawat terbang di Jepang berhenti. Jepang dilarang membuat pesawat terbang oleh Amerika sebagai konsekuesni atas kekalahan mereka di Perang Dunia II. (CNA/AFP)








Sumber http://www.suara.com/bisnis/2014/10/18/140012/mrj-pesawat-buatan-jepang-pertama-dalam-empat-dekade/

via suara.com

No comments:

Post a Comment