Saturday 31 May 2014

Perekonomian Melambat, Cina Perlonggar Kebijakan Moneter

http://ift.tt/eA8V8J

Pemerintah Cina telah mengeluarkan sinyal untuk memperlonggar kebijakan moneter. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah dana yang harus disimpan bank sebagai dana cadangan. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian Cina yang melambat pada tahun ini.


Parlemen Cina dan kabinet meminta perbankan untuk mengucurkan kredit ke sektor pertanian dan juga usaha kecil menengah. Namun, tidak ada informasi tentang kapan pemberian kredit itu harus dilakukan serta berapa besar jumlahnya.


Bulan lalu, Cina juga sudah mengeluarkan kebijakan yang sama untuk bank di wilayah pedesaan karena khawatir perekonomian mereka berjalan lebih lambat dari perkiraan.


“Saat ini, pergerakan ekonomi stabil tetapi tekanan masih tetap besar. Pemerintah Cina akan mengeluarkan kebijakan yang sesuai di saat yang tepat,” ungkap parlemen Cina dalam keterangan tertulis.


Pertumbuhan ekonomi Cina tumbuh 7,4 persen di triwulan pertama atau melemah dibandingkan periode sebelumnya yaitu 7,7 persen. Pertumbuhan triwulan 2014 merupakan yang terendah sejak 2012. (AFP/CNA)






Sumber http://ift.tt/1of3dGs

via suara.com

No comments:

Post a Comment