Friday 30 May 2014

Studi: Penderita Asma Rentan Osteoporosis

http://ift.tt/eA8V8J

Orang yang menderita asma mungkin lebih rentan terhadap keropos tulang.


Demikian hasil penelitian terkini dimana para peneliti telah menemukan adanya hubungan antara asma dan penurunan kepadatan mineral tulang.


“Kita tahu penggunaan jangka panjang kortikosteroid dalam pengobatan asma merupakan faktor risiko osteoporosis, tapi kami belum punya data pasti yang menunjukkan hubungan antara asma itu sendiri dan keropos tulang,” jelas Jae – Woo Jung dari Seoul National University Medical Research Centre di Korea Selatan.


“Studi ini menunjukkan hubungan yang bermakna antara dua kondisi bahkan tanpa adanya penggunaan kortikosteroid oral sebelumnya,” tambah Jung seperti dilansir dari Times of India.


Untuk studi ini, peneliti memeriksa lebih dari 7.000 pasien, 433 di antaranya memiliki airway hyper- responsiveness (AHR) atau asma.


Hasil penelitian juga menemukan bahwa kepadatan lumber tulang belakang dan tulang femur secara signifikan lebih rendah pada mereka yang menderita asma, dibandingkan mereka yang tanpa kondisi tersebut.


“Alasan dapat mencakup penggunaan kortikosteroid, rendahnya tingkat vitamin D atau bahkan ras,” kata John Oppenheimer, associate editor dari jurnal Annals of Allergy, Asma & Imunologi yang mempublikasikan hasil penelitian tersebut.






Sumber http://ift.tt/1oBbY18

via suara.com

No comments:

Post a Comment